food ingredients

LOBAK

Lobak adalah sejenis sayuran umbi-umbian seperti wortel, tetapi isi dan warna kulitnya berwarna putih.
Lobak berasal dari Cina dan bisa ditanam didataran rendah ataupun dataran tinggi, sedangkan di Indonesia saat ini daerah yang banyak ditanami lobak adalah didaerah cipanas dan bedugul. Salah satu manfaat yang paling terkenal dari lobak adalah mengobati insomnia.
manfaat dan khasiat lobak bagi kesehatan yaitu :
Mengobati Insomnia
Anda yang terkena insomnia boleh mencoba mengkonsumsi lobak sebagai terapi, karena lobak mengandung zat alkoloid yang bermanfaat meredakan ketegangan syaraf. Jika syaraf sudah rileks maka kemungkinan akan memudahkan anda untuk tidur lebih nyenyak. Lobak juga sering disebut tanaman anti insomnia, hipnotis dan saporifis ( memudahkan tidur ). Cara nya mudah yaitu lobak dipotong-potong lalu dibuat jus yang dicampur dengan dengan perasan jeruk nipis. Minum secara teratur menjelang tidur hingga insomnia anda berkurang. Mengontrol Kelebihan Berat Badan
Kandungan air dan serat dalam umbi lobak mampu mengontrol kelebihan berat badan, karena serat dan cairan lobak akan memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga keinginan makan dapat dicegah atau setidaknya keinginan untuk makan bisa bisa berkurang.
Melancarkan Buang air kecil
Kandungan zat yang ada dalam lobak juga bisa melancarkan buang air kecil karena lobak punya manfaat diuretik, selain melancarkan buang air kecil juga membersihkan saluran kencing.
Melancarkan Tenggorokan
Lobak bagus dikonsumsi bagi pengidap bronkitis atau batuk, karena lobak memiliki kandungan yang bisa melancarkan tenggorokan. Selain itu lobak juga mengandung antibakteri dan antiseptik yang mampu meredakan demam, flu atau batuk.

Kandungan nutrisi dalam lobak.
Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Lobak per 100 gr
(Bdd / Food Edible) = 87 %

Energi Lobak = 19 kkal          Protein Lobak = 0,9 gr                       Fosfor Lobak = 26 mg
Lemak Lobak = 0,1 gr            Karbohidrat Lobak = 4,2 gr                Kalsium Lobak = 35 mg        
Zat Besi Lobak = 1 mg           Vitamin B1 Lobak = 0,03 mg             Vitamin A Lobak = 10 IU     
Vitamin C Lobak = 32 mg


Sources:


PARE

pare adalah tanaman yang merambat, buahnya menyerupai mentimun akan tetapi memiliki kulit yang keriput dan rasa khas yang pahit. pare  berasal dari daerah asia tropis , terutama daerah India bagian barat yaitu Assam dan Burma.




Jenis jenis pare:
Pare gajih

Jenis pare yang paling banyak dibudidayakan dan paling banyak di sukai. Jenis ini biasa juga disebut pare putih atau pare mentega yang berasal dari India dan Afrika dengan bentuk buah panjang berukuran 30-50 cm, diameter 3-7 cm, dan berat rata rata antara 200-500 gr/buah.








Pare hijau

Memiliki bentuk yang lonjong, kecil dan berwarna hijau dengan bintil bintil agak halus. Buah pare ini mempunyai panjang 15-20 cm, rasanya pahit dan daging buahnya tipis. Pare ini mudah sekal pemeliharaannya, tanpa lanjaran atau para para tanaman ini dapat tumbuh dengan baik.




Pare ular atau pare belut

Dapt dikenali dengan buahya yang berbentuk bula dan panjang, agak melengkung dan panjangnya mencapai 60 cm. permukaan kulit buahnya berwarna belang belang yaitu hijau keputih-putihan mirip ular dan rasa dagingnya tidak begitu pahit.





Kandungan zat yang ada dalam tanaman pare
Buah
Mengandung albuminoid, karbohidrat, dan pigmen.
Daun
Mengandung momordisina, momordina, carantina, resin, dan minyak.
Biji
Mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial.
Akar
Mengandung asam momordial, dan asam oleanolat.

Kandungan zat gizi per 100 gr
Energi 29 kal               protein 1,1 g                lemak 0,3 g
Karbohidrat 6,6 g        serat 1,5 g                    kalsium 45 mg
Fosfor 64 mg               zat besi 1,4 mg                        vit A 180 IU
Vit B1 0,08 mg                       vit C 52 mg                 air 91,2 g

Manfaat buah Pare untuk kesehatan
Membantu kondisi Diabetes
Pare merupakan salah satu buah yang paling ampuh untuk menjaga penyakit diabetes mellitus. Hal ini karena kandungan yang signifikan dari charntin, yaitu peptida yang menyerupai insulin dan alkaloid dalam buah pare. Semua komponen ini akan secara aktif mempengaruhi untuk menurunkan kadar gula darah. Pare juga membantu untuk mencegah lonjakan penurunan insulin dengan jalan mengatur penggunaan gula dalam metabolisme tubuh yang telah diperoleh dari makanan.
Membantu penderita Wasir
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa khasiat anti inflamasi dalam pare bisa membantu meringankan gejala wasir. Jika Anda membuat pasta dari akar tanaman pare untuk diterapkan secara topikal, maka ini akan membantu untuk mengurangi peradangan serta mengurangi rasa sakit dan pendarahan pada gejala wasir. Jika Anda minum jus pare, Anda juga akan mendapatkan manfaat yang sama, jika Anda mampu mengalahkan rasa pahitnya!
Meningkatan Sistem Kekebalan Tubuh  
Pare juga merupakan sumber yang banyak mengandung antioksidan berbeda, yaitu yang akan memperkuat mekanisme pertahanan tubuh dari penyakit . Antioksidan akan menyingkirkan radikal bebas, atau senyawa berbahaya yang dilepaskan selama metabolisme sel. Dengan menyukai makan pare, maka Anda akan berpeluang untuk bertahan melawan penyakit serius seperti serangan jantung, gagal ginjal, dan kerusakan hati yang berhubungan dengan radikal bebas.
Pencegahan Kanker
Antioksidan dalam pare juga dapat membantu menghancurkan radikal bebas penyebab penyakit kanker. Pare telah dipelajari dan para ahli menemukan pare sebagai agen anti tumor dan anti karsinogenik. Penelitian telah menunjukkan korelasi positif antara makan pare dengan pencegahan atau pengurangan pertumbuhan tumor ganas seperti kanker serviks, kanker prostat, dan kanker pay* dara. Hal ini karena kemampuan pare untuk menginduksi apoptosis (kematian sel) pada sel kanker. Namun studi ini masih terus dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut tentang sifat-sifat anti kanker dari buah pare, serta jenis-jenis pasien dengan kanker apa yang bisa diuntungkan.
Kondisi Pernapasan
Beberapa studi tentang buah pare menunjukkan bahwa pare  dapat membantu meringankan pasien dengan kondisi pernapasan seperti asma, bronkitis, dan demam (rhinitis). Sifat utama dari zat yang ditemukan dalam pare seperti  anti-histamin, supresan, anti inflamasi, ekspektoran, dan sifat antivirus yang membuatnya menjadi pendorong ideal untuk kesehatan pernapasan. Dianjurkan untuk makan beberapa buah pare sebelum tidur, sehingga akan memberikan efek menenangkan saat sedang tidur!
Infeksi jamur
Sifat-sifat antijamur dan antibakteri pada pare membuatnya menjadi ideal untuk melawan berbagai macam infeksi jamur, serta akan membantu untuk membersihkan darah dari bermacam racun-racun sebelum membuat kerusakan lagi. Secara khusus pare akan membantu menyembuhkan infeksi dan kesehatan kulit, seperti untuk mengobati kurap dan psoriasis. Daun pare  yang di Jus/diekstrak bisa digunakan sebagai salep oles terbaik  untuk kondisi infeksi.
Anti gigitan nyamuk
Pare juga dikenal dapat menghindarkan dari gigitan nyamuk. Kemungkinan nyamuk tak menyukai darah kita yang telah mengandung zat dari pare, termasuk rasa pahitnya.



Sources:


BROKOLI (Brassica oleracea)

Brokoli (Brassica oleracea) adalah sayuran yang masuk golongan kubis-kubisan. Bentuknya mirip dengan kembang kol, hanya saja kuntum brokoli berwarna hijau tua, sedangkan kembang kol berwarna putih. Konon asalnya dari daerah Mediterania. Sejak jaman Yunani kuno tanaman ini sudah dibudidayakan. Brokoli masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970an. Tanaman ini tumbuh subur di daerah pegunungan, yang biasanya dingin. Di Indonesia sentra produksi brokoli antara lain di Lembang – Jawa Barat dan Batu Malang (Iwan, 2011).

Klasifikasi brokoli adalah sebagai berikut (Cahyono, 2011):
Devisi              : Sphermatophyta
Subdevisi       : Angiospermae
Klas                  : Dicotyledonae
Famili              : Cruciferae
Genus              : Brassica
Spesies            : Brassica oleraceae

Kandungan nutrisi Brokoli (Brassica oleracea) per 100 g

Vitamin A
Vitamin B-Thiamine
Vitamin C
Zat Besi
Fosfor
Potassium
Karbohidrat
Protein
Kalori

3.500 I.U
10 g
118 mg
1,3 mg
76 mg
270 mg
5,5 g
3,3 g
29 kal

Seleksi dan penyimpanan Brokoli
Pilih hanya bunga brokoli yang segar, cerah, dan bertekstur kaya. Jangan membeli brokoli yang lebih matang,  ditandai dengan daun  kuncup yang berwarna kuning, jumlah cabang berlebihan dan dengan batang yang berongga. Sayangnya brokoli adalah sayuran yang sangat disukai ulat dan serangga lain, sehingga dalam perawatan umumnya banyak memerlukan pestisida. Jadi Bila mungkin, dapatkan brokoli di toko sayuran organik untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Brokoli Untuk Kesehatan
·         Tanaman brokoli sebagai obat anti kanker
·         Tanaman brokoli bermanfaat untuk mencegah penuaan karena mengandung antioksidan yang tinggi.
·         Tanaman brokoli dapat memperlancar pencernaan.
·         Tanaman brokoli dapat digunakan untuk mengurangi kadar gula dalam darah (diabes)
·         Tanaman brokoli berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh
·         Tanaman brokoli dapat mencegah orang terkena resiko penyakit storoke
·         Tanaman brokoli bermanfaat untuk kesehatan mata
·         Tanaman brokoli berguna untuk memperkuat tulang dan mencegah terkena resiko penyakit osteoporosis
·         Tanaman brokoli untuk obat penyakit anemia
·         Tanaman brokoli berkhasiat untuk menurunkan kolestrol dan tekanan darah tinggi
·         Tanaman brokoli pada wanita membatu menurunkan berat badan (diet)





Komentar