food ingredients

Kemiri (Aleurites moluccana)

Kemiri memiliki nama ilmiah Aleurites moluccana dan masih sekerabat dengan singkong. Di luar negeri, kemiri sering dikenal dengan sebutan candlenut, candleberry, dan Indian walnut. Di Indonesia sendiri, kemiri juga dikenal dengan banyak nama, seperti kembiri, gambiri, kemili, hambiri, kaminting, dan masih banyak lagi.
Kemiri merupakan tanaman asli Indonesia.Kemiri bisa dijumpai di daerah-daerah kepulauan Polynesia seperti Fiji, Tongo, Solomon,Cook Island, Samoa.
Selain itu, kemiri tumbuh subur di daeah tropik di daerah Asia Tenggara seperti di Indonesia dan di samudra Pasifik seperti Hawaii, juga terdapat di Brazil (Amerika Selatan).  Konon dulu orang -orang Polynesia berlayar melewati Hawaii dan menanamkannya di sana. Dan di pulau hawai, di kepulauan Molokai warna simbolik pulau itu adalah lambang daun kemiri yang hijau.
Di Indonesia kemiri tumbuh subur di kepulauan Sumatra, Sulawesi , dan NTT(Nusa Tengara Timur).
Kemiri lebih banyak dimanfaatkan sebagai rempah-rempah dan sering digunakan dalam berbagai olahan makanan sebagai bumbu masakan. Namun disamping hal tersebut, kemiri juga dapat memberikan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan.
Kandungan Gizi
Berdasarkan onlyfoofs, kandungan gizi yang terkandung dalam 100 gram kemiri yaitu 473 kal energi, 24.4 ml air, 49.9 g lemak, 7.8 g protein, 876 mg kalium, 14 mg sodium, 1.060 mg fosfor, 140 mg kalsium, 410 mg magnesium, 2.7 mg zinc, 2.7 mg zat besi, 6.9 mg tembaga, serta beberapa vitamin.

Peringatan dan Efek Samping Kemiri

Pada dasarnya kemiri mengandung racun, sehingga apabila Anda mengkonsumsi kemiri dalam kondisi secara utuh atau mentah maupun pengolahannya yang tidak tepat, dapat berdampak negatif bagi kesehatan Anda. Salah satu efek samping kemiri untuk tubuh yaitu mengalami gangguan pada lambung.

Manfaat kemiri

1. Membantu Mengobati Sakit Gigi
2. Membantu Mengobati Sariawan
3. Mengatasi Infeksi Jamur
4. Membantu Mengatasi Insomnia
5. Mencegah dan Mengobati Sembelit
6. Mengobati Buang Air Besar Berdarah
7. mengobati gigitan serangga
8. mengeboati diare
9. menjaga kesehatan rambut

https://www.khasiatsehat.com/khasiat-dan-manfaat-kemiri/
http://www.kemiriku.com/asal-muasal-kemiri/

Kluwek

Pohon Kluwek atau orang Sunda memanggilnya tangkal picung (tangkal = pohon, picung = kluwek) atau dalam bahasa lain kepayang, kepahiang, , kluwak, keluak, atau kluak, panarassan ( dalam bahasa ilmiah Pangium edule Reinw. ex Blume, suku Achariaceae, dulu dimasukkan dalam Flacourtiaceae) adalah pohon yang tumbuh liar atau setengah liar (sengaja ditanam) .
Biji kluwek sering dipakai sebagai bumbu dapur, namun hati-hati biji kluwek sangat beracun jika dikonsumsi secara mentah karena mengandung asam sianida dalam konsentrasi  tinggi. Efek samping memakan biji kluwek mentah adalah pusing (mabuk & muntah). Biji kluwek juga sering dipakai sebagai racun untuk mata panah. Biji Kluwek aman dikonsumsi jika sudah direbus dan direndam terlebih dahulu.
Pohon Kluwek rata-rata memiliki tinggi 40 meter dengan diameter batang 2,5 meter dan tumbuh liar di daerah yang memiliki permukaan tanah  1000m dpl (diatas permukaan laut), Uniknya, kluwek merupakan khas vegetasi dari  Indonesia.

MANFAAT POHON KLUWEK :

Kayunya digunakan untuk membuat batang korekapi.
Daunnya sebagai obat cacing.
Bijinya sebagai antiseptik.
Bijinya dihaluskan dapat menghilangkan kutu pada kerbau.
Biji keluwek dapat dibuat minyak sebagai pengganti minyak kelapa.

Kluwek bisa dugunakan sebagai pengawet ikan: untuk 50 kg tangkapan ikan, digunakan 1 kg biji kluwek yang telah dicacah dan dicampur garam sebanyak 1 kg, campuran dilumurkan pada hasil tangkapan, dan disimpan dalam ember plastik tertutup. Asam sianida pada biji kluwak akan mengawetkan ikan selama 6 hari, setiap hari dibuka selama 5 menit untuk menguapkan sianidanya.

KANDUNGAN KIMIA PADA BIJI KLUWEK:

Vitamin C
Ion besi
Betakaroten
Asam sianida (sifatnya beracun, mudah menguap pada suhu 26 derajat Celcius, bila terhirup binatang ternak dapat mengakibatkan kematian, aman untuk pengawetan ikan).
Asam hidnokarpat.
Asam khaulmograt.
Asam glorat.
Tanin (sebagai pengawet ikan)

Buah kluwek biasanya dibiarkan basah berhari-hari oleh pemiliknya. Buah-buah tersebut dibiarkan matang dan jatuh sendiri kemudian dikumpulkan dalam satu karung. Buah sengaja dibiarkan basah oleh air hujan hingga dalam waktu 10 s/d 14 hari buah kluwek ini akan membusuk.Tujuannya supaya kulit atau sabutnya lebih mudah dikupas dan menghilangkan racun asam sianida yang terdapat pada biji kluwek. Setelah dikupas, akan didapatkan kulit yang keras seperti batok kelapa yang berisi daging berwarna putih. Daging inilah yang digunakan sebagai bumbu masak. Namun pada umumnya kluwek yang digunakan untuk memasak adalah kluwek berwarna hitam. Untuk membuatnya hitam, maka kluwek perlu diproses kembali agar didapat warna hitam.

Di bawah ini ada beberapa cara supaya hasil keluwek bisa berwarna hitam:
Ambil biji kluwek sebanyak 20 biji, cuci, rebus selama 1 jam, keringkan. Ambil wadah tertutup, letakkan abu sekam di dasar wadah, letakkan kluwek, dan tutup kembali dengan abu sekam hingga seluruh permukaan tertutup abu. Diamkan selama 15 hari, bersihkan, kluwek siap digunakan.
Biji kluwek dicuci bersih, direbus selama beberapa jam, didinginkan, di letakkan dalam lubang tanah yang ditutup tanah dan daun pisang selama 40 hari. Keluarkan dan bersihkan, akan diperoleh biji kluwek kecoklatan siap pakai


Kacang kedelai

Kacang kedelai memiliki nama Latin Glycine max dan termasuk dalam keluarga Leguminosae atau kacang-kacangan. Selain sering dijadikan camilan, kedelai juga biasa diolah bahan makanan lain seperti tempe, tahu, susu kedelai, taoge, tauco, kembang tahu, oncom, kecap, dan sebagainya.
Kedelai menjadi salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Hal ini karena telah diakui oleh para ahli tentang banyaknya kandungan gizi dan manfaatnya untuk kesehatan. Kedelai banyak dibudidayakan dalam jumlah besar di Amerika Serikat dan Amerika Selatan, namun sebenarnya tanaman ini adalah asli Asia. 
Kedelai banyak dijadikan bahan beberapa makanan bergizi yang umum kita kenal, yaitu tahu, tempe, atau susu kedelai. Kedelai banyak dikenal akan kandungan protein nabatinya, serta nutrisi penting lainnya yang cocok untuk diet tertentu, vegetarian dan vegan di seluruh dunia.

Kandungan Gizi dalam 100gram Kacang Kedelai

Energi 286 kal             Protein 30,2 g              Lemak 15,6 g              Karbohidrat 30,1 g
Serat 4,9 g                   Kalsium 196 mg          Fosfor (506) mg          Zat Besi 6,9 mg
Vitamin A 95 IU         Vitamin B1 0,93 mg   Vitamin C                   Air 20 g


https://manfaatnyasehat.blogspot.co.id/2013/11/manfaat-kacang-kedelai.html
http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/kandungan-vitamin-dan-gizi-serta-manfaat-kedelai-bagi-kesehatan.html

Komentar